Bagaimana Memulai Bisnis dengan Modal Sangat Terbatas

bagaimana memulai bisnis dengan modal sangat terbatasFadhil Atthallah, pelanggan newsletter Garudapreneur, bertanya melalui email bagaimana memulai usaha dengan modal uang yang sangat terbatas.

Kami pikir, akan ada cukup banyak anak muda dengan kendala yang serupa dan membutuhkan solusi.

Banyak orang yang terhambat dalam memulai usaha karena terkendala uang. Mereka merasa uang adalah segalanya. Sehingga mereka tidak dapat melihat cara-cara memulai usaha dengan (nyaris) tanpa uang.

Jadi, apakah caranya?

Memulai Bisnis (Nyaris) Tanpa Uang

Masalah adalah peluang. Setiap bisnis yang ada, pasti selalu menyelesaikan satu atau beberapa masalah.

Salah satu permasalahan yang sejak dahulu terjadi adalah antara pemasok atau pembuat produk sulit atau tidak tahu bagaimana menjangkau konsumen. Namun ada juga pemasok yang memang tidak mau ambil pusing dengan distribusi dan pemasaran produk. Mereka memilih untuk fokus pada yang mereka kuasai.

Permasalahan di atas dengan cerdik dimanfaatkan sebagai peluang oleh sejumlah orang. Orang-orang ini membantu para pemasok agar tidak pusing membangun jalur distribusi dan pemasaran, tentunya dengan sejumlah imbalan (komisi).

Di era modern, model ini kemudian dikenal dengan: Affiliate Marketing dan Dropshipping. Enaknya model ini adalah Anda tidak perlu stok barang. Otomatis, resiko menjadi sangat kecil.

Affiliate Marketing

Affiliate Marketing adalah memasarkan produk milik orang lain dimana calon pembeli akan diarahkan langsung ke toko (online ataupun offline) dimana pemilik produk akan diberitahu siapa yang mengarahkan para calon pembeli ini. Ketika calon pembeli ini melakukan transaksi, maka sejumlah komisi akan diberikan kepada siapapun yang mengarahkan mereka.

Nama lain dari model ini adalah referal (memberi referensi).

Dropshipping

Dropshipping mirip dengan affiliate marketing. Hanya saja calon pembeli tahunya membeli langsung dari Anda. Kemudian Anda memesan produk kepada pemasok, membayar pemasok dan produk dikirim atas nama Anda.

Lalu, dari mana untungnya?

Untungnya didapat dari selisih harga yang Anda berikan kepada calon pembeli, dengan harga dari pemasok.

Salah satu praktik dari dropshipping di Indonesia adalah mencari pemasok di Tokopedia atau BukaLapak. Kemudian dipromosikan di Social Media, misalnya Facebook, dengan harga yang lebih tinggi.

Cara Lain

Bagi Anda yang memiliki jiwa kreatif, maka itu dapat menjadi modal Anda.

Salah satu peluang kekinian bagi anak muda adalah menjual sticker. Salah satu Social Media yang paling getol menggunakan sticker adalah LINE.

Untuk lebih memperkaya, Garudapreneur menyarankan untuk mempelajari kisah Yasa Singgih saat masih SMA memulai karir wirausahanya (klik Bagaimana Memulai Bisnis dengan Modal Terbatas apabila di bawah tidak muncul video)

Masih ada cara-cara lain untuk memulai usaha (nyaris) tanpa modal selama Anda jeli dan kreatif. Ingat… masalah adalah pelUANG.