kini saat terbaik berbisnis tetapi

Kini Saat Terbaik Berbisnis, Tetapi….

kini saat terbaik berbisnis tetapiJika ada pertanyaan; kapan saatnya seseorang perlu mulai berbisnisnya sendiri? Mungkin sekaranglah saat! Alasannya?

Beberapa tahun belakangan merupakan masa yang paling mudah bagi setiap orang untuk memulai bisnisnya sendiri. Kemajuan teknologi telah mengikis berbagai hambatan untuk memulai usaha menjadi nyaris nol! Di sisi lain, kemajuan teknologi juga mulai menggerus berbagai bisnis yang terbilang telah lama beroperasi.

Sebelum tahun 2000-an, orang yang hendak mulai berjualan ataupun berbisnis masih memiliki tingkat hambatan yang tinggi. Dari modal untuk belanja barang (ada juga yang konsinyasi), tempat/lokasi untuk display barang, mencari pemasok, mungkin juga tenaga penjual dan lain sebagainya. Namun ada juga yang melakukannya secara gerilya, yaitu di rumah-rumah ataupun di arisan.

Setidaknya sekitar tahun 2007-2008, konsep toko online berbasis web mulai diperkenalkan di Indonesia. Saat itu memang belum sepopuler sekarang. Apalagi saat ini konsep toko online tidak melulu berbasis web. Sudah merambah ke Social Media dan Instant Messenger. Handphone (istilah kekiniannya gadget) sudah tidak lagi menjadi sekedar perangkat untuk bertelepon, tetapi telah berubah wujud menjadi mesin uang – kalau tahu caranya.

Mencari pemasok barangpun kini guaaampang buanget. Tinggal pilih, mau pemasok dari tanah air atau dari negara lain. Bahkan kalaupun tidak memiliki modal banyak, tidak perlu stok barang. Apabila ada yang sudah membayar kepada Anda, baru kemudian Anda hubungi pemasok untuk melepas barang kepada pembeli tersebut.

Dari sisi non-teknologi, berbagai pihak baik pemerintah maupun swasta juga berlomba-lomba untuk memberikan kemudahan bagi siapapun yang hendak memulai entrepreneurial journey-nya. Mulai banyaknya inkubator bisnis, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Beberapa Perguruan Tinggi bahkan memiliki inkubator bisnisnya sendiri. Pemerintah, melalui berbagai kementeriannya menggalakan berbagai program untuk memberdayakan para pelaku UMKM. Dan pada Paket Kebijakan Ekonomi Jilid XIV, pemerintah mempertegas dukungannya terhadap perkembangan e-commerce tanah air.

Jadi, sudah jelas bukan… mengapa sekarang adalah saat yang paling tepat untuk berbisnis?

Kalau berbicara mengenai e-commerce, tentu tidak terlepas dengan platform toko online, entah itu menggunakan penyedia platform ataupun membuatnya sendiri. Berdasarkan pengalaman dan interaksi dengan penyedia platform toko online, kami temukan sebuah fenomena menarik yang mungkin mencerminkan seberapa siap bangsa Indonesia terhadap entrepreneurship.

Peminat platform toko online cukup banyak. Hal ini dapat dilihat dengan tetap munculnya berbagai startup yang menawarkan platform toko online (ada yang gratis, juga ada yang berbayar). Namun demikian, jumlah pengguna platform toko online berbayar yang memperpanjang penggunaan platform tidak banyak.

Kesimpulan penting yang dapat kami tarik adalah masih banyak yang belum memiliki jiwa wirausaha. Banyak yang mengira bahwa toko online adalah pil ajaib yang akan segera mendatangkan nasib baik. Dan ketika dibenturkan dengan kenyataan yang tidak sejalan dengan bayangan awal, maka urunglah niat untuk menjadi pengusaha.

Terlepas seseorang memilih toko online ataupun toko offline (tradisional), prinsip-prinsip dasar berbisnis tetaplah berlaku. Membuka toko saja, tidak serta-merta membuat orang otomatis akan berdatangan. Anda tetap perlu mengupayakan agar ada orang-orang yang mau mengunjungi toko. Apalagi di tengah keramaian super yang namanya Internet. Entah berapa banyak orang yang membuka toko online dalam setiap detiknya.

Menjadi seorang pengusaha itu mudah. Meskipun terdapat berbagai kemudahan untuk berbisnis, tetapi untuk terus menjalankan bisnis agar dapat bertahan dan berkembang, itu perkara lain. Diperlukan mental pengusaha dan keahlian manajemen yang mumpuni agar dapat melalui setiap tahap tersebut. Dan mental yang tepat adalah sistem operasi bagi berbagai keterampilan dan keahlian berbisnis.

Berdasarkan pengalaman kolektif Garudapreneur, baik melalui program bootcamp maupun workshop publik yang dapat Anda ikuti, peran mentor akan mengakselerasi proses pembelajaran sekaligus membuka jalur-jalur yang sebelumnya tertutup. Langkah awal yang perlu Anda tempuh adalah mempersiapkan mental. Baru kemudian bagaimana memulai bisnis dengan benar. Bukan dibalik. Kami di Garudapreneur memfasilitasi semua itu untuk Anda.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion
Feel free to contribute!

Leave a Reply