3 kesalahan marketing yang mematikan startup

3 Kesalahan Marketing yang Mematikan Startup

Ada 3 kesalahan marketing yang dapat MEMATIKAN startup menurut sebuah artikel di Entrepreneur.com. Apa saja kesalahan-kesalahan tersebut?

  1. Terlalu awal untuk CAPER (Cari Perhatian) Media
  2. Terlalu sibuk untuk menumbuhkan jumlah likes/fans/followers/subscibers atau yang sejenisnya
  3. Terlalu mau eksis di berbagai platform internet

Ada pertanyaan yang masuk ke kami; Apa yang harus dilakukan startup untuk memasarkan produknya?

Sebenarnya artikel dari situs Entrepreneur.com sudah menjawabnya. Tetapi Garudapreneur akan membahas lebih detail maksudnya.

Benang merah dari 3 kesalahan tersebut di atas adalah startup kadang belum benar-benar paham apa yang dibutuhkan oleh pasar yang dibidiknya. Ibarat ingin segera punya pacar, tapi model pacar yang seperti apa masih belum tahu. Hanya ikut-ikutan teman genk yang satu per satu mulai punya pacar.

Ketika startup belum berhasil memahami dan menciptakan produk yang dibutuhkan target pasarnya, maka promosi dengan cara diliput berbagai media adalah cara paling cepat menghabiskan uang tanpa daya ungkit.

Mau eksis di berbagai platform internet (Twitter, Facebook, Instagram, dan seterusnya) menandakan startup belum paham siapa yang menjadi pasar. Ini kembali lagi ke kesalahan No.1. Sebab, setiap platform tersebut memiliki kultur dan karakteristik yang berbeda. Apa benar pasar yang dibidik ada pada SEMUA platform tersebut?

Jika startup benar-benar memahami pasar yang dibidiknya, maka niscaya startup tersebut akan tahu bagaimana cara memasarkan produk kepada pasar tersebut.

Jadi sudah tahu seperti apa pacar idaman kamu? 😊

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion
Feel free to contribute!

Leave a Reply